pemasaran tanaman hias
PEMASARAN TANAMAN HIAS
Strategi
Pemasaran Tanaman Hias
Pemasaran merupakan
suatu proses interaksi sosial antara individu dengan kelompoknya untuk mendapatkan apa yang
dibutuhkan dan diinginkan diperoleh dengan
menciptakan, menawarkan, serta melakukan pertukaran barang dan jasa kepada pihak lain.
Pemasaran yang baik
bukan sebuah kebetulan, melainkan hasil dari perencanaan
dan pelaksanaan yang cermat. Membuat keputusan yang benar tentang perubahan tidak selalu mudah.
Perusahaan yang menanggung risiko lebih besar
adalah perusahaan yang tidak memantau pelanggan dan pesaingnya dengan cermat dan terus meningkatkan nilai yang
ditawarkan ke pelanggan, sehingga akhirnya
mengakibatkan kegagalan. Sumarwan, et al (2010) mengemukakan bahwa strategi pemasaran adalah suatu
rencana yang menguraikan bagaimana sebuah
usaha harus memahami konsumen agar dapat menyusun strategi pemasarannya untuk mencapai
tujuan-tujuan perusahaan, meningkatkan kinerja perusahaan
dan menciptakan nilai tambah.
Kotler P. (2003)
menjelaskan bahwa langkah awal strategi pemasaran yang
efektif adalah orientasi yang tepat pada fungsi pemasarannya. Pada dasarnya konsep pemasaran terdiri dari empat
pilar yaitu tahap sasaran pasar, kebutuhan pelanggan,
pemasaran terintegrasi, dan kemampuan menghasilkan laba. Konsep pemasaran menegaskan kunci untuk
mencapai sasaran adalah perusahaan harus lebih
efektif dibanding para pesaing dalam menciptakan, menyerahkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan
(segmentasi dan target pasar) dan bagaimana perusahaan
melayaninya (positioning). Penentuan strategi menggunakan bauran pemasaran 4P (product, price,
promotion dan place) juga digunakan sebagai dasar penentuan strategi pemasaran yang
dijalankan. Melalui tahapan evaluasi dapat diketahui
perlu atau tidaknya penambahan maupun perubahan strategi secara keseluruhan yang bermanfaat untuk
keberlangsungan usaha di masa yang akan datang.
Disalin Dari:saktiagr.blogspot.com
Lingkungan Terdekat
Pemasaran tanaman hias ke lingkungan sekitar mustinya kita harus kenali terkebih dahulu apakah lingkungan sekitar kita banyak yang menyukai tanaman hias atau tidak.Jika banyak atau rata-rata tidak menykai tanaman hias maka kita jual atau promosikan ke lingkungan yang lain.
Pertemuan Rutin
Pertemuan rutin pada area paling kecil, misalnya RT/RW dan/atau
komplek perumahan bisa dijadikan media promosi tanaman hias yang
efektif. Jadi, bisa dilakukan izin promosi pada pertemuan tersebut.
Pertemuan rutin itu bisa pertemuan PKK, dharma wanita, arisan dan
lainnya.
Pameran/Bazar
Saat ini banyak sekali diselenggarakan pameran/bazar, baik oleh
instansi/departemen tertentu, maupun pihak swasta dan perorangan. Ajang
ini bisa digunakan untuk media promosi tanaman hias yang baik. Biaya
yang dikeluarkan juga biasanya tidak terlalu besar, masih sangat
terjangkau oleh skala usaha kecil dan menengah (UMKM).
Media Sosial
Keberadaan media sosial saat ini sudah begitu menjamur, dimana
berbagai kalangan sudah sangat familiar dengan facebook, twitter,
instagram dan lainnya. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan untuk media
promosi yang efektif dan efisien.
Disalin Dari:www.firde7.xyz
Disalin Dari:www.firde7.xyz
Komentar
Posting Komentar